Sabtu, 07 Maret 2020

Terpinang Cinta Sebuah Novel



#part2
Terpinang Cinta oleh sebuah novel

Ada yang pernah baca novel ini? atau bahkan punya? kalau ada yang punya boleh lah colek saya..he..

Ini salah satu novel karya Afifah Afra yang diterbitkan oleh Lingkar Pena
Percaya gak percaya buku ini menghipnotis saya sehingga lebih yakin memilih profesi seorang guru.

Saat itu saya masih kuliah tingkat akhir, bersama teman saya bekerja sampingan di sela waktu kosong kuliah dengan menjaga "matabaca" sebuah taman baca yang berlokasi di samping kampus.
Sembari menunggu pelanggan datang, saya mengisinya dengan membaca-baca buku yang ada disitu, tiba-tiba tertarik dengn salah satu novel islami berjudul "Terpinang Cinta" yang inti ceritanya adalah tentang pengabdian seorang akhwat menjadi pengajar di daerah terpencil. Tidak mudah baginya memilih untuk menjadi seorang guru di daerah terpencil juga di tengah pemikiran skeptis orangtua, saudara dan teman-temannya yang meragukan tekadnya tersebut karena sebetulnya ayahnya orang berada yang notabene mau kerja di tempat yang enak di kota besarpun  dengan mudah bisa didapatkan, namun karena keteguhan hati dia memilih mengabdikan diri membimbing anak-anak di daerah dan akhirnya diijinkan.
Jadilah dia seumpama bunga matahari di tengah padang ilalang, begitu banyak tantangan, intrik, kisah perjuangan mendidik anak bangsa dalam keterbatasan akses dan kefeminiman seorang perempuan namun tetap semangat. 
Sampai di akhir cerita dihadapkan dengan orang penting yang terlibat penyalahgunaan tanaman ganja.. bagaimana ia bisa bertahan? bahkan dari ancaman kematian?! cerita lebih lengkap wajib baca novelnya..
Ketegangan, keharuan, semangat, kesedihan, keberanian campur aduk setelah membaca novel ini

Akhirnya dari novel ini saya tertarik untuk mengabdikan diri di daerah sebagai guru yang menginspirasi.
Mulai saat itu saya mencari informasi tentang lowongan kerja yang ada di luar Jawa, rencananya setelah lulus nanti saya akan merantau ke luar daerah Jawa Barat.
Tahun 2007 saya lulus, sesuai rencana saya melamar ke salah satu lembaga bimbingan belajar yang mempunyai cabang di luar Jawa, singkat cerita setelah tes dan sebagainya saya diterima dan akan ditempatkan ke daerah Rokan hilir Riau.
Namun setelah dibicarakan dengan orangtua, terutama ayah beliau tidak mengijinkan dengan alasan kekhawatiran akan terkena tsunami karena saat itu daerah Sumatra khususnya, masih terdampak tsunami tahun 2006.
So, saya tidak jadi berangkat ke Riau karena ternyata Tuhan sudah punya rencana lain bahwa saya harus tetap mengabdi di tanah kelahiran tercinta dengan menjadi Aparatur Sipil Negara di daerah TASIKMALAYA

Yang pasti saya tidak menyesali apa yang sudah direncanakan karena saya yakin di balik semua itu Tuhan telah menyiapkan kejutan lain yang pasti insyaalloh terbaik menurutNya.
Saya berharap dan yakin dengan tulisan ini, bahkan bisa berkomunikasi dengan sesama pendidik ataupun peserta didik dimanapun berada di daerah terpencil sekalipun tanpa kita harus berada disana..
Wallohua'lam

#inspirasimalamini
#guruinspirasi
#pengabdian
#mimpi
#ambisi

3 komentar:

  1. Bagussss cerita dan juga novelnya saya sukaa

    BalasHapus
  2. Wah tulisan resensi. Menarik. Bikin penasaran dengan bukunya hehe

    BalasHapus

The miracle of my life

 #Ceritadibalikbeberesbuku2 Inilah diantara sebagian saksi bisu perjuangan 3 th lalu... tiada henti syukurku atas moment ini, penghujung 201...