Minggu, 17 Januari 2021

Materi PKK Kelas XII TKR Paparan deskriptif, naratif, argumentatif, persuasif usaha otomotif

 

Paparan Deskriptif, Naratif, Argumentatif, atau Persuasif tentang Produk Jasa



A. Kompetensi Dasar
3.16 Memahami paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk barang/jasa
4.16 Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk barang/jasa

B. Indikator Pencapaian
3.16.1 Menjelaskan paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
3.16.2 Menganalisis paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa
4.16.1 Menyusun paparan deskriptif, naratif, argumentatif, atau persuasif tentang produk/jasa

C. Materi

1. Deskriptif

Paragraf deskriptif adalah sebuah paragraph yang menggambarkan sebuah objek dengan tujuan agar para pembaca merasa seolah-olah melihat sendiri objek yang digambarkan itu. Paragraf deskripsi ini menggambarkan sesuatu dengan kata-kata secara jelas dan terperinci.

Paparan deskriptif berisi penjelasan singkat mengenai produk/jasa yang ditawarkan. Ciri-ciri paparan deskriptif:
a. Menggambarkan atau melukiskan suatu objek seperti benda, tempat dan suasana tertentu.
b. Melibatkan panca indra.
c. Menjelaskan ciri fisik dan sifat objek tertentu seperti warna, ukuran, bentuk, dan kepribadian secara terperinci.
d. Banyak ditemukan kata-kata atau frase bermakna keadaan atau kata sifat.

Contoh:
Bengkel ialah tempat (bangunan atau ruangan) untuk perawatan / pemeliharaan, perbaikan, modifikasi alat dan mesin, tempat pembuatan bagian mesin dan perakitan alsin. Perkakas bengkel hampir selalu tersedia pada setiap satuan kehidupan. Hal tersebut disebabkan oleh sifat alami barang-barang perlengkapan kehidupan yang selalu membutuhkan perawatan serta mengalami kerusakan dari waktu ke waktu. Dapat dikatakan bahwa pekerjaan perbengkelan hampir selalu menyertai setiap pemilikan barang. Mesin-mesin juga mengalami kerusakan dalam pemakaiannya, sehingga diperlukan perbaikan.


2. Naratif

Paragraf naratif adalah jenis karangan yang mengungkapkan suatu kisah, peristiwa, atau pengalaman pribadi berdasarkan urutan-urutan kejadian atau peristiwa. Paragraf naratif merupakan paragraf yang berisi tentang pemaparan suatu kejadian yang dirangkai dalam kesatuan waktu.

Ciri-ciri paragraf naratif sebagai berikut:
a. Mementingkan urusan waktu maupun peristiwa.
b. Terdapat dalam karya fiksi (cerpen, novel, roman) dan non fiksi (biografi, sejarah, promosi).
c. Berusaha menjawab apa yang terjadi.

Penyusunan paragraf naratif:
a. Menentukan produk yang akan dipaparkan.
b. Menetapkan sasaran pembaca.
c. Merancang peristiwa-peristiwa utama yang akan ditampilkan dalam bentuk skema alur secara urut.
d. Merangkai menjadi satu paragraf padu.
e. Menggunakan bahasa yang sesuai dengan target pasar.

4 (empat) unsur yang harus termuat dalam paparan naratif, diantaranya:
a. Kesatuan (kohesi); kalimat dalam paragraf bersama-sama mendukung suatu hal atau tema tertentu.
b. Kepaduan (koherensi); kalimat yang membangun paragraf saling terkait antara kalimat yang satu dan kalimat lainnya yang membentuk paragraf tersebut.
c. Kelengkapan; paparan dibangun oleh beberapa kalimat yang terdiri atas kalimat utama dan kalimat uraian atau penjelas.
d. Kevariasian; kalimat yang membangun paparan tersebut bervariasi, baik dari segi struktur kalimat, bentuk kata, maupun pilihan kata (diksi) yang digunakan.

Contoh:
Di zaman sekarang banyak sekali pengguna transportasi. Dari banyak pengguna transportasi di era sekarang di situlah peluang usaha bengkel bisa didirikan dan bisa mendapat keuntungan yang memadai. Atas dasar hal inilah kami berani mendirikan BENGKEL AUTOSERVICE.

3. Argumentatif

Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang gagasan utamanya dikembangkan dengan memaparkan pendapat, ulasan, pokok bahasan dan ide pribadi penulisnya. Tujuan dari paragraf argumentasi yakni untuk meyakinkan serta mempengaruhi pembaca agar mempunyai pendapat yang sama dengan pendapat penulis.

Teks yang terdiri atas paparan alasan dan pendapat untuk membangun suatu kesimpulan. Ditulis dengan maksud untuk memberikan alasan, memperkuat atau menolak suatu pendapat, pendirian atau gagasan. Paparan ini lebih sulit dari paparan lainnya karena memerlukan bukti yang meyakinkan sehingga pembaca terpengaruh dan membenarkan gagasan, pendapat, sikap, dan keyakinan kita. Berikut adalah ciri-cirinya:
a. Menjelaskan pendapat agar pembaca yakin.
b. Memerlukan fakta untuk membuktikan berupa gambar/grafik.
c. Penutup berisi kesimpulan.
d. Mengandung data atau fakta yang dapat dipertanggungjawabkan.
e. Penjelasannya disampaikan secara logis.

Penyusunan
a. Menentukan lebih dahulu produk dan topik argumentasi yang akan disusun.
b. Menentukan tujuan penulisan argumentasi.
c. Mencari bahan yang cukup dan dapat dikembangkan dari topik yang telah dipilih.
d. Menyusun kerangka karangan berdasarkan topik dan tujuan yang telah di tentukan.

Teknik pengembangan paparan argumentatif:
a. Teknik deduktif; teknik berdasarkan atas data yang sudah ada.
b. Teknik induktif; teknik didasarkan pada pengamatan langsung atau bukti nyata dan disempurnakan dengan simpulan.
c. Teknik induksi generalisasi; metode induksi yang menghasilkan suatu kesimpulan umum berdasarkan data yang ada.
d. Teknik induksi analog; penalaran dengan cara membandingkan dua hal yang banyak mengandung persamaan.

3 (tiga) Teknik struktur teks dalam menulis kalimat atau paparan argumentatif:
a. Pendahuluan; berisi latar belakang masalah atau pengenalan masalah.
b. Isi; berisi pendapat, ide, poit of view, dan gagasan yang disertai dengan fakta yang menguatkan sekaligus membuktikan gagasan tersebut benar adanya.
c. Penutup; terdiri dari kesimpulan akhir, berisi kesimpulan yang logis, dan dapat diterima oleh nalar pembaca.

Contoh:
Bengkel AUTOSERVICE ini memiliki keunggulan seperti: lokasinya yang strategis, pelayanannya yang baik, banyak peralatan/sparepart yang di jual, serta masih banyak keunggulan yang ada di bengkel kami. 


4. Persuasif

Paragraf persuasif adalah paragraf yang bertujuan untuk mempengaruhi, mengimbau, membujuk, atau merayu pembaca sehingga terpengaruh untuk mengikuti keinginan penulis. Paragraf persuasif merupakan sebagian dari macam-macam paragraf atau jenis-jenis paragraf yang berisi ide, gagasan, atau pendapat penulis disertai imbauan atau ajakan kepada orang lain, dimana penulis mengharapkan adanya sikap motoric berupa gerakan yang dilakukan oleh pembaca sesuai dengan yang dianjurkan penulis dalam paparanya dan pembaca yakin bahwa ide, gagasan atau pendapat tersebut adalah benar dan terbukti. Biasanya disertai penjelasan dan fakta atau bukti.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan emotif yang berusaha membangkitkan dan merangsang emosi, ciri-cirinya:
a. Ada bujukan atau ajakan untuk berbuat sesuatu.
b. Persuasi bertolak dari pendirian bahwa pikiran manusia dapat diubah.
c. Harus menimbulkan kepercayaan para pembaca.
d. Dapat menciptkakan kesepakatan atau penyesuaian melalui kepercayaan antara penulis dengan pembaca.
e. Sedapat mungkin menghindari konflik.
f. Memerlukan fakta dan data.

Penyusunan:
a. Menentukan produk.
b. Merumuskan tujuan.
c. Mengumpulkan data.
d. Menyusun kerangka karangan.
e. Mengembangkan kerangka karangan.

Syarat penyusunan paparan persuasive:
a. Pilihan kata; memilih kata yang tepat dan menarik.
b. Kemampuan mengolah emosi pembaca; gunakan kalimat ajakan, berisikan pesan yang bisa mempengaruhi, memiliki maksud atau tujuan dari penulis yang ingin disampaikan.
c. Bukti/fakta; menambahkan bukti atau fakta untuk memperkuat gagasan yang kita tulis dalam paparan persuasif.

Teknik yang digunakan dalam penyusunan paparan persuasif:
a. Ingratiation; memuji seseorang/siapapun agar au menuruti keinginan sebagai upaya menghormati dan mengharrgai orang lain.
b. Supplication; menunjukan bahwa diri kita belum cukup mampu dalam berbagai hal.
c. Self promotion; menampilkan kehebatan kita yang nyata dan bukan seperti menyombongkan/angkuh.
d. Rasionalisasi; suatu dasar pembenaran terhadap suatu persoalan.
e. Sugesti; usaha membujuk atau mempengaruhi orang lain untuk menerima suatu pendirian tertentu.

Contoh:
Untuk saat ini bengkel sangat di perlukan, karena tanpa bengkel orang bisa kesusahan dan kerepotan apabila ada masalah dari kendaraan yang digunakan.

Untuk itu berlanggananlah dengan bengkel kami dan akan mendapat diskon di setiap kunjuangan nya.
Hubungi Nomor: 0823432345056
Atau bisa kunjungi website www.autoservice.com

5. Jasa

Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihal lain, yang pada dasarnya bersifat tidak berwujud fisik (intangible) dan tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu. Produk jasa bisa berhubungan dengan produk fisik maupun tidak.
Produk jasa yang bisa berhubungan dengan produk fisik contohnya adalah produk sepeda motor, sudah dibarengi dengan jasa pendukung, misalnya jasa pengantaran produk motor kerumah, jasa service motor gratis untuk pemakaian sekian kilometer, dan lain sebagainya. Sedangkan produk jasa murni dapat ditunjukkan misalnya pijat refleksi, konsultasi kesehatan, konsultasi hukum, dan lainnya.Berikut akan dilihat karakteristik produk jasa yang membedakannya dengan barang. Terdapat delapan aspek mendasar yang membedakan produk jasa dengan barang fisik, yang menurut Lovelock, yaitu bahwa.      
a.   Produk jasa yang dikonsumsi tidak dapat dimiliki oleh konsumen.
b.     Produk jasa merupakan suatu kinerja yang sifatnya intangible.
c.     Dalam proses produksi jasa, konsumen memiliki peran yang lebih besar untuk turut serta dalam pengolahannya dibandingkan dengan produk barang fisik.
d.    Orang-orang yang terlibat dalam proses jasa berperan sedikit-banyak dalam pembentukan atau mendesain jasa.
e.      Dalam hal operasionalisasi masukan dan keluaran, produk jasa lebih bervariasi.
f.       Produk jasa tentu sulit dievaluasi oleh konsumen.
g.     Jasa tidak dapat disimpan.
h.     Faktor waktu dalam proses jasa dan konsumsi jasa relatif diperhatikan.

Baiklah anak teknik, setelah kalian mempelajari materi diatas, kerjakan lembar kerja di bawah ini y !
πŸ“‹Lembar Kerja Peserta Didik.
✓ Sebagai bukti kehadiran di blog silahkan tanggapi materinya dengan menuliskan Nama dan Kelas
Tugas pertemuan 1 :
✓ Buat Kesimpulan tentang perbedaan paparan deskriptif, naratif, argumentatif dan persuasif berdasarkan hasil literasimu di blog ini, atau dari sumber lain!
✓ Amati salahsatu iklan produk otomotif di berbagai media (televisi, media cetak, online, billbord, media promosi lain)!
✓ Identifikasi ttg teks/konten/paparan iklan, mana teks yg termasuk deskriptif, naratif, argumentatif dan persuasif !
✓ Analisislah bgmn pendapatmu ttg teks/paparan iklan tsb !

Tugas Pertemuan 2 :
✓ Tentukan produk jasa yang akan kalian coba usahakan sesuai dengan kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan, kemudian buatlah paparan deskriptif, naratif, argumentatif dan persuasif yang sesuai untuk mendukung usaha kalian !

πŸ“’πŸ“’πŸ“’
Selamat mengerjakan tugas hari ini, siapa cepat dia dapat bintang 🌟🌟🌟
Ketentuan mendapat πŸŒŸ :
🌟🌟🌟    akan didapatkan oleh siswa yang menyerahkan tugas sesuai jadwalnya yaitu hari                    ini terhitung pk.07.00 - 12.00)
🌟🌟         Bagi yang menyerahkan tugas di hari yg sama (12.00 - 24.00).
🌟              Bagi yang menyerahkan tugas diluar jadwal pada minggu tersebut. Siswa yang mengerjakan lebih dari seminggu tersebut, masih dihargai usahanya tetapi tidak mendapat πŸŒŸ  

Sumber :
http://www.awiracr.com/2020/10/paparan-deskriptif-naratif-argumentatif.html
https://02nurhaliza.blogspot.com/2019/02/paparan-deskriptif-naratif-argumentasi.html?showComment=1610932520950#c6180004009312703886

76 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Jng double2 y absennya kl sdh klik dipublikasikan.. Auto muncul.. Kl gk muncul refresh

    BalasHapus
  3. Keren anak2nya..kreatifitas melalui blog untuk pembelajaran..mantab.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali mendayung 2-3 pulau terlampaui pa.. Untuk media belajar dan agenda lagerunal.. 🀭

      Hapus
  4. Sama hari ini kita posting materi mengajar ya Bu he he, keren Bu guru

    BalasHapus
  5. Wah keren blog jadi LMS ditambah google form di blog jadi lebih keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap trmksh sarannya pa.. Insyaallh kedepannya untk quiz / evaluasi akn dimasukkan πŸ™

      Hapus
  6. Luar biasa, peserta didiknya aktif.
    Serta Ibu Gurunya kreatif, menuangkan Materi pembelajaran dengan lengkap...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berkat belajar di lagerunal, pa indra lebih keren.. Mhn masukannya untk perbaikannya pa πŸ™

      Hapus
  7. Keren... Bunda, trimks sdh share ilmu yg luar biasa. Perasaan sepeeti jadi murid

    BalasHapus
  8. Raka pratama jayadiningrat
    Hadir

    BalasHapus
  9. Raka pratama jayadiningrat
    XII TKR 1

    BalasHapus
  10. Davis Muhammad Firmansyah. Hadir

    BalasHapus
  11. Deden rizal abu bakar sidik hadirr

    BalasHapus
  12. Deden rizal abu bakar sidik hadirr

    BalasHapus
  13. Sigit Tri Wibisono Hadiiiiiiiiiiiiiiiiir

    BalasHapus
  14. Terimakasih bg yg sdh hadir dan membaca informasinya.. Next silahkan tugas nya dikerjakan y.. πŸ’ͺπŸ’ͺπŸ’ͺ

    BalasHapus
  15. Muhamad rizki m,XII TKR3..hadir

    BalasHapus
  16. Zamzam Mohammad Ilyas XII TKR 3.hadir

    BalasHapus
  17. Muhamad Ar Rafi Nugraha hadir XII TKR 3

    BalasHapus
  18. Metode PJJ dapat diterapkan melalui blog. Anak dapat mempelajari materi yang disampaikan oleh guru melalui tulisan ini dan sekaligus mengabsen kehadiran siswa melalui kolom komentar. Cara yg bagus dan mendidik kedisiplinan anak.

    Sukses selalu bu

    BalasHapus
  19. Setelah saya baca kembali paragraf deskriftip adl paragraf yang menjelaskan dari suatu objek, emm naratif yaitu paragraf yang menceritakan sebuah kisah atau keadaan dari suatu obejk, argumentatif berisi gagasan atau pendapat penulis dengan dukungan bukti,dan persuasif bersifat ajakan,mempengaruhi kepada pembaca, thx..

    BalasHapus
  20. Asta Khairul Ikhsan
    XII TKR 2 hadir

    BalasHapus
  21. Derryl Marcel
    XII TKJ 1 HADIR
    -1 LOVERS

    BalasHapus

The miracle of my life

 #Ceritadibalikbeberesbuku2 Inilah diantara sebagian saksi bisu perjuangan 3 th lalu... tiada henti syukurku atas moment ini, penghujung 201...