Materi PKK Kelas XII TKR
SMKN 3 TASIKMALAYA
Kompetensi Dasar :
3.18. Menyeleksi strategi pemasaran
4.19. Melakukan pemasaran
A. Pemasaran Produk Teknik Otomotif Kendaraan Ringan
1. Elemen dalam Pemasaran
a. Produk
Produk berkaitan dengan spesifikasi barang atau jasa dan bagaimana produk tersebut berfungsi bagi kebutuhan konsumen di bidang otomotif kendaraan ringan.
b. Harga (Pricing)
Harga mengacu pada penetapan harga dan diskon suatu produk.
c. Distribusi (placement)
adalah cara suatu produk sampai ke konsumen. Sebagai contoh distribusi bisa dilakukan dengan menerpkan sistem menjual eceran produk otomotif seperti onderdil/suku cadang di sebuah toko. Unsur distribusi meliputi barang apa yang dijual, unsur geografis atas produk yang dijual dan segmen pasar mana tempat produk tersebut dilempar.
d. Promosi
Promosi berkaitan dengan aspek periklanan. Dalam aspek promosi terdapat istilah permerekan/branding.
2. Lingkungan Pemasaran
Istilah ini mengacu pada faktor-faktor yang berkaitan dengan aspek pengambilan keputusan dan perencanaan produsen. Lingkungan pemasaran terdiri dari 3 macam :
a. Lingkungan makro : berbagai jenis faktor yang terwujud dalam skala makro yaitu skala ekonomi, sosial, politik, teknologi/fenomena.
b. Lingkungan mikro : Lingkungan yang terdapat di dalam produsen itu sendiri atau pihak yang terkait dengan produsen, terdiri dari : konsumen, pegawai, supplier, media.
B. Strategi Pemasaran
1. Pengertian strategi pemasaran
Berdasarkan definisi dari para ahli seperti David Aaker, Christian Homburg, Philip Kotler, dll maka dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran adalah suatu pola aktivitas berupa perencanaan pemasaran, pengarahan sumber daya serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen demi diperolehnya laba/keuntungan serta tercapainya kesuksesan usaha dalam bidang pembuatan dan penjualan produk otomotif kendaraan ringan. Strategi disini dengan cara mengelola sumber daya secara efektif dan efisien dengan hasil maksimal.
2. Tujuan strategi pemasaran
a. Meningkatkan kualitas koordinasi dalam tim pemasaran
b. Sebagai alat ukur hasil pemasaran menurut standar prestasi yang berlaku
c. Sebagai landasan logis yang dipakai dalam setiap pengambilan keputusan
d. Meningkatkan kemampuan beradaptasi apabila terjadi perubahan dalam sistem pemasaran
3. Faktor penyebab terjadinya perubahan strategi pemasaran
a. Siklus daur hidup produk (tahap perkenalan, pertumbuhan, kedewasaan, kemunduran)
b. Tingkat persaingan usaha di pasar
c. Keadaan ekonomi
4. Fungsi strategi pemasaran
a. Meningkatkan motivasi berfikir jauh ke depan
b. Koordinasi pemasaran yang lebih efektif dan terarah
c. Merumuskan tujuan usaha yang akan dicapai
d. Pengawasan lebih efektif atas standar prestasi kerja
C. Rencana Pemasaran
1. Proses Perencanaan Pemasaran
Langkah-langkahnya :
a. Analisis hasil pretasi kegiatan pemasaran
b. Analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan dan ancaman pemasaran usaha yaitu dalam hal perkembangan ekonomi, sosial, budaya, teknologi dan pemerintah.
c. Penentuan tujuan pemasaran
d. Penetapan strategi pemasaran : mencakup strategi harga, produk, distribusi, promosi
e. Penetapan target pemasaran : dinyatakan dalam volume, nilai rupiah atau laba
f. Penyusunan rencana pemasaran : gambaran kegiatan yang dilaksanakan dalam pemasaran
g. Penyusunan program pemasaran : menyusun rincian kegiatan memiliki kaitan atas waktu, tempat, siapa yang melaksanakan
h. Penyusunan anggaran pemasaran
2. Tahap strategi pemasaran untuk setiap siklus produk otomotif
a. strategi pemasaran tahap pengenalan (introduktion) : biasanya berwujud sample/prototype
b. strategi pemasaran tahap pertumbuhan (Growth) : modifikasi serta penyempurnaan model
c. strategi pemasaran tahap kedewasaan (Maturity) : tahap tercapainya titik tertinggi penjualan.
d. strategi pemasaran tahap penurunan (Decline) : tahap penurunan penjualan karena beberapa faktor seperti perubahan selera pasar, produk pengganti atau karena perubahan teknologi.
D. Kepuasan Pelanggan
1. Faktor Kepuasaan Pelanggan
Beberapa faktor yang digunakan dalam mengevaluasi kepuasan pelanggan terhadap suatu produk :
a. Kinerja (Performance) : ciri khas dalam operasi pokok sebuah produk
b. Ciri/keistimewaan tambahan (Feature) : ciri khas sekunder/pelengkap
c. Keandalan (Realibility) : kemungkinan adanya kerusakan kecil akibat pemakaian
d. Kesesuaian dengan spesifikasi : ciri khas operasi dan desain dalam pemenuhan standar
e. Daya tahan (Durability) : hal yang ada kaitannya dengan berapa lama produk dapat terus dipakai
f. Serviceability : bentuk pelayanan prajual, saat penjualan dan purnajual
g. Estetika : daya tarik keindahan, accessoris dll
h. Kualitas yang dipersepsikan : citra produk
2. Sebab Timbulnya Ketidakpuasan Konsumen
a. Produk tidak sesuai dengan kenyataan yang didinginkan
b. Pelayanan tidk memuaskan
c. Perilaku personil pemasaran kurang menyenangkan
d. Keadaan fisik lingkungan tidak menunjang
e. Harga terlalu tinggi disebabkan jarak terlalu jauh
f. Adanya promosi terlalu muluk tidak sesuai dengan keinginan/kebutuhan
3. Metode Mengukur Kepuasan Konsumen
a. Sistem keluhan dan saran
b. Ghost shopping : memperkerjakan orang yang bersikap sebagai pembeli dan memberikan laporan
c. Lost customer analysis : wirausahawan menghubungi para pelanggan yang telah berpinda ke produk pesaing, dan menganalisis penyebabnya
d. Survei kepuasan pelanggan : melalui pos, telepon atau wawancaara langsung
LEMBAR KERJA :
Setelah kalian mempelajari tentang pemasaran, silahkan di rencanakan strategi pemasaran spt apa yg akan kamu lakukan jika mempunyai sebuah usaha..
Jawaban ditulis tangan, japri ke ibu.. Terimakasih 🙏
Selamat belajar 📚✏
Sumber : Furqon Z, dkk, 2019. Produk Kreatif dan Kewirausahaan Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Yogyakarta : Penerbit ANDI
Davis Muhammad firmansyah, Hadir
BalasHapusRizky maulana, hadir
BalasHapusMuhamad Ar Rafi N, hadir
BalasHapusFarhannul Hakim, XII TKR 3
BalasHapusArdin ardiansyah,hadir
BalasHapusAldi jamatul rohmat .hadir
BalasHapusFernandaApp.hadir
BalasHapusSyahrul Ihsan Ropiq, hadir
BalasHapusHasan Syamsudin,hadir
BalasHapusInra abdul jalil, hadir
BalasHapusSalman Abdul Gani XII TKR3, Hadirr
BalasHapusIhsan Rismawan Xii tkr1 hadir
BalasHapusAhmad Aliyudiani XII TKR 3 hadir
BalasHapusGun gun Gunawan XII TKR 1 hadir
BalasHapusIndra nurawaludin XII TKR2 HADIR
BalasHapusMunawar XII TKR 2 hadir
BalasHapusMunawar 12 TKR 2 hadirr
BalasHapusHoerul Hidayat 12 TKR 2 hadir
BalasHapusRizal maolana 12 TKR 2 hadir
BalasHapusRendi 12 TKR 2 Hadir
BalasHapusAhmad Taufik 12 TKR 2 hadir
BalasHapusMuhammad Akmal Rizki XII TKR2 Hadir
BalasHapusAcep Nugraha kelas XII TKR 2 hadir
BalasHapusHabibi fajar ali XII TKR 2 hadir
BalasHapusAli Romdoni XII TKR2 hadir
BalasHapusNijar aruman XII TKR 3 hadir
BalasHapusDiva firmansyah, hadir
BalasHapusXII tkr 2
BalasHapusXII tkr 2
BalasHapusXII tkr 2
BalasHapusHadir
BalasHapus