Senin, 15 Februari 2021

Proses Kerja Pembuatan Contoh Produk

Materi PKK (Produk Kreatif dan Kewirausahaan)

Kelas XI TKR SMKN 3 Tasikmalaya

https://otomotif.kompas.com/read/2018/05/11/090200515/seperti-inilah-proses-pembuatan-mobil-di-pabrik-wuling?page=all

A. Produk Barang dan Jasa

        Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada suatu pasar agar diperhatikan, diminta, dibeli, dan dikonsumsi sehingga dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan seseorang. 

Seorang wirausahawan jangan langsung menentukan pilihan produk yang akan diusahakan, tetapi harus memperhitungkan dan menganalisisnya agar jangan sampai salah dan menimbulkan kerugian. Dalam pemilihan jenis produk alangkah lebih baik jika membuat studi kelayakan usaha terlebih dahulu untuk mengetahuhi apakah usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan. 


1. Produk Barang

Identifikasi kebutuhan konsumen meliputi :

a. Kebutuhan utama (primer)

b. Kebutuhan penunjang (sekunder)

c. Kebutuuhan pelengkap dan mewah (tersier)

Seorang wirausahawan mengklasifikasikan barang didasarkan pada kebiasaan konsumen, diantaranya :

2. Produk Jasa

Jasa adalah setiap kegiatan yang ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain yang sifat dan bentuknya ditunjukkan dengan ciri sbb:

a. Tidak berwujud (intangibility)

b. Tidak dapat dipisahkan (inseparability)

c. Berubah-ubah (variability)

d. Daya tahan (perishability)

Jenis produk dapat dibedakan menjadi :

a. consumers goods

b. industrial goods

Jenis produk berdasarkan tujuan pemakaiannya terdiri atas :

a. Shopping goods, barang yang perlu pertimbangan kualitas. harga, kemasan, dan jenis

b. Convenience goods, barang yang mudah dicari jika diperlukan setiap saat

c. Speciality goods, barang yang memerlukan pelayanan khusus dan teredapat di toko tertentu.

d. Unsought goods, barang yang tidak dicari dan pemasaarannya dengan mendatangi konsumen.

B. Tahap Perencanaan Produk

Tahap-tahap perencanaan produksi dimulai dari ide produk digambarkan sebagai berikut :
Gambar 1. Tahap Perencanaan Produk

Keterangan:
Ide Produk
Ide Produk disusun berdasar dorongan pasar yaitu kebutuhan konsumen, dorongan teknologi   yaitu kemampuan perusahaan dalam riset dan pengembangan, dan koordinasi antar fungsi manajemen yaitu keuangan, pemasaran, dan personalia.

Seleksi Ide Produk
Seleksi Ide Produk disusun berdasar atas evaluasi dari pasar tentang kebutuhan konsumen untuk menyerap hasil produksi, secara teknis operasional dipertimbangkan kemampuan perusahaan   menghasilkan   produk   dengan fasilitas  yang ada dan kemampuan memperoleh bahan baku dan bahan pembantu. Seleksi ide produk juga didasarkan pada keadaan keuangan perusahaan, dengan mempertimbangkan hasil yang diperoleh akan menguntungkan atau tidak.

Desain awal
Desain awal atau rancang bangun awal mempertimbangkan beberapa tujuan yaitu manfaat produk, fungsi barang apakah fiingsi utama atau sekunder, style, seni atau keindahan barang dengan melihat keseimbangan biaya, kualitas, dan performance produk.

Prototype
Pada tahap ini perusahaan mengadakan percobaan kemampuan dan kekuatan produk, kemudian dicari kelemahan dan dianalisis keindahan bentuknya.

Testing
Hasil prototype dicoba fungsinya dalam berbagai keadaan yang mungkin terjadi apakah memenuhi syarat atau tidak.

Desain Akhir
Pada tahap desain akhir, produk yang telah melewati tahap testing disempurnakan sesuai dengan hasil uji yang telah dilakukan.

Implementasi

Tahap ini adalah tahap terakhir pembuatan produk.  Pada tahap ini, perusahaan memulai proses produksi, dilihat masa depan pemasarannya (bagaimana reaksi konsumen dan kemantapan di pasar).  

Dari uraian diatas maka dalam proses pembuatan produk baru seorang wirausaha  harus berfikir kreatif dan inovatif agar dalam pembuatan produknya memiliki nilai jual yang tinggi dan diminati oleh konsumennya sehingga pasar produknya akan terus ada. 

Dalam penyusunan desain produksi ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya:

a. Jenis produk yang dibuat

b. metode pembuatan produk

c. jumlah tenaga kerja dan keterampilan serta peralatan dan perlengkapannya

d. waktu yang tersedia

e. modal yang tersedia

f. urutan proses produksi

C. Pemetaan Keberagaman Produk

Cara dalam merekayasa produk barang/jasa agar diminati oleh konsumen, diantaranya :

1. Jenis-jenis diperbaharui

2. Kualitasnya dibedakan dan ditingkatkan

3. Model dan desainnya bermacam-macam dan dibedakan

4. kemasan, warna, bentuk, ukuran, standar, merek dibuat sedemikian rupa sehingga lebih menarik

Pengembangan produk merupakan aktivitas lintas disiplin yang membutuhkan hampir semua fungsi yang ada diperusahaan, 3 fungsi yang paling penting bagi pengembangan produk diantaranya:

a. Pemasaran

b. Perancangan/desain

c. Manufaktur (merancang dan mengoperasikan sistem produksi pada proses produksi)

        Proses pembuatan produk dalam suatu perusahaan umumnya melalui 6 tahapan :\

Fase 0 : perencanaan produk

Fase 1 : pengembangan konsep

Fase 2 : perancangan tingkat sistem (uraian produk menjadi subsistem dan komponen)

Fase 3 : perancangan detail (spesifikasi lengkap dari bentuk, material, komponen unik, komponen standar)

Fase 4 : pengujian dan perbaikan

Fase 5 : produksi awal

D. Proses Pengembangan Produk Baru

        Proses penembangan produk mencakup kegiatan-kegiatan berikut :

1. Identifikasi kebutuhan pelanggan

        Tujuan metode identifikasi kebutuhan pelanggan :

        a. meyakinkan bahwa produk telah difokuskan terhadap kebutuhan konsumen

        b. mengidentifikasi kebutuhan konsumen yang tersembunyi /tidak terucapkan

        c. menjadi basis untuk menyusun spesifikasi produk

        d. menjamin tidak adanya kebutuhan konsumen penting yang terlupakan

        e. menanamkan pemahaman bersama mengenai kebutuhan konsumen diantara tim pengembang

2. Penetapan spesifikasi target

        Outputnya adalah daftar spesifikasi target

3. Penyusunan konsep

           merupakan gambaran/perkiraan mengenai teknologi, prinsip kerjadan bentuk produk

4. Pemilihan konsep

5. Pengujian konsep

6. Penentuan spesifikasi akhir

7. Perencanaan proyek

8. Analisis ekonomi

9. Analisa produk pesaing

10. Pemodelan dan pembuatan prototype  

 Lembar Kerja :

Anak teknik skrg kamu sudah tau tahapan proses pembuatan rencana usaha, nah coba kamu rencanakan sebuah usaha, ikuti setiap tahapan diatas sampai kamu mempunyai rencana yang mmatang ttg produk yang akn diusahakan. 

Selamat belajar, dan berkarya 📚✏🎉🎁



Sumber :

Firmansyah, Iman dkk, 2018. Produk Kreatif dan Kewirausahaan untuk kelas XI SMK/MAK. Bandung : HUP

https://otomotif.kompas.com/read/2018/05/11/090200515/seperti-inilah-proses-pembuatan-mobil-di-pabrik-wuling?page=all

http://www.pendidikanekonomi.com/2012/08/tahap-tahap-perencanaan-produksi.html

7 komentar:

  1. Nama : Taufik Imansah Muharom
    Kelas : XI TKR1

    Mau bertanya Bu
    Bagaimana cara membuat studi kelayakan usaha untuk mengetahuhi apakah usaha tersebut layak atau tidak untuk dilaksanakan.

    BalasHapus
  2. Nama : Wildan Siddik S
    Kelas: XI TKR 1

    Assalamualaikum bu saya mau bertanya
    Bagaimana kalau kita mempunyai tanah yang bisa kita buat untuk usaha tetapi tempat nya sepi,tetapi kalau kita membeli/menyewa tanah untuk usaha itu dan usaha itu berjalan baik
    Tetapi saya tidak mempunyai uang untuk pilihan kedua,apakah saya pilih yang ke satu apa kedua bu

    BalasHapus
  3. Assalamu'alaikum wr. wb.
    Nama : Arip Rahman
    Kelas : XI Tkr 1
    Mau bertanya bu, bila kita membuat sebuah produk dan produk tersebut sudah selesai di tahapan akhir dan sudah terlanjur dipasarkan, ternyata ada satu tahapan yang terlewat, apakah itu akan mempenngaruhi produk nya tidak bu?

    BalasHapus
  4. Asalamualaikum wr. Wb
    Nama:rifki mulya rahman
    Kelas:11 tkr 1
    Mau bertanya bu,apabila berdagang tetapi ingin terjual luas dan laris apakah kita harus berjualan resseler(eceran)atau harus dengan berjualan networking?

    BalasHapus
  5. Assalamu'alaikum wr.wb
    Nama : Sendi abdilah
    Kelas:XI Tkr 1

    Mau bertanya, kalo kita mau membuka/mendirikan usaha tetapi butuh modal besar tapi belum punya modal segitu sarannya lebih baik meminjam uang ke bank atau bekerjasama dengan investor-investor.

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum wr.wb
    Nama:Ahdyan Agus Fauza
    Kelas:XI TKR 1
    Mau bertanya bu, kalau kita mau membuka usaha bengkel apakah harus di tempat rame atau mending di tempat biasa aja tetapi kejangkau oleh banyak orang bu, karena kalau buka di tempat rame misalkan kota kan sekarang lagi pandemi pasti sedikit pengunjung nya bu?

    BalasHapus
  7. assalamualaikum wr. wb.
    Nama : Sahlul Muzaki
    Kelas : XI TKR-1
    Mau bertanya Bu, kalo lagi pandemi seperti ini untuk membuka usaha mending usaha sendiri atau usaha berkelompok?

    BalasHapus

The miracle of my life

 #Ceritadibalikbeberesbuku2 Inilah diantara sebagian saksi bisu perjuangan 3 th lalu... tiada henti syukurku atas moment ini, penghujung 201...