Jumat, 25 Desember 2020

Undian Alfagift, Mau!?

Waspada Modus Penipuan Berkedok Hadiah Tahun Baru

Saat liburan panjang seperti sekarang ini, siapa sih yang tidak tergiur ketika tiba-tiba mendapat notifikasi seperti itu? He.. Bagai ketiban durian runtuh, mendapat rezeki nomplok. 


Penipuan berkedok hadiah via telpon memenangkan sebuah undian lalu diarahkan menuju ATM dan akhirnya ATM terkuras. Itu sudah biasa saya dengar dan pernah mengalami tetapi berupa voucher dari salah satu situs belanja online terbesar, tersadar bahwa itu penipuan ketika harus memberikan kode OTP. Alhamdulillah cukup sampai disitu dan telpon langsung saya tutup. 

Nah kali ini saya mengalami penipuan modus baru yang belum pernah terdengar sebelumnya. Kronologinya begini... Tiba-tiba ada pesan via WA berupa link seperti gambar diatas. Lalu saya klik lah link nya, dan diarahkan ke gambar berupa kado-yang harus kita pilih.. Kesempatan pertama zonk, "masih ada dua kesempatan" tertulis disana dan saya coba pilih lagi. Di kesempatan ketiga baru ada note bahwa saya menang voucher 800.000 lalu diarahkan untuk klaim bonusnya. 

Saya kira akan mendapatkan hadiahnya langsung, namun ternyata masih ada tahapan berikutnya yaitu kita diarahkan untuk menghubungi nomor otomatis sesuai provider yang kita pakai. 
Terdengar suara merdu veronica, mesin penjawab otomatis yang memberikan 5 pertanyaan untuk dapat menjadi pemenang vouchernya. Satu persatu pertanyaan terjawab dengan benar, 1,2,3,4... Tibalah pertanyaan terakhir.. Dalam hati bergumam.. "Yes, 1 pertanyaan lagi pasti bisa". Dan.. Setelah semua terjawab.. Tiba- tiba nona "veronica" berkata lagi.. Anda akan menjadi pemenang setelah menjawab 5 pertanyaan... 1 detik, 10 detik, 5 menit, 10 menit berlalu.. Sampai 3 ronde.. Dari situ saya baru menyadari, mengapa setiap pertanyaan jawabannya lamaaa seolah mengulur waktu, dan setelah 5 pertanyaan, ada lagi 5 pertanyaan lain, begitu seterusnya. Hmmm... Akhirnya telpon saya tutup, dicek *888# O.. Ow... pulsaku sudah terpakai hmpir 100rb.
Bukannya untung yang didapat, malah buntung. Tapi saya selalu yakin ada hikmah dalam setiap peristiwa. 
Dan hikmah dari kejadian ini adalah saya bisa menuliskannya disini, bisa share pengalaman yang mudah-mudahan bisa bermanfaat. Dapat diambil pelajaran bagi sobat pembaca, sehingga tidak ada lagi yang mengalami hal serupa. 

Di akhir tulisan ini saya ingin berbagi tips agar terhindar dari modus penipuan berkedok hadiah. 
1. Jangan mudah tergiur dengan hadiah. 
Cari tau terlebih dahulu kebenarannya kepada orang yang sebelumnya mendapat pesan tersebut (jika berupa pesan berantai melalui WA). 

2. Mencoba boleh saja hanya untuk memastikan sampai sejauh mana modusnya. Tetapi ketika sudah tercium hal yang tidak masuk akal, stop segera hentikan. 

3. Jangan sekali-kali memberikan data peribadi yang bersifat rahasia seperti PIN ATM, kode OTP (kode yang biasa didapatkan ketika membuka sebuah aplikasi atas nama kita) biasanya dishare melalui email atau nomor Hp yang kita tautkan pada aplikasi tersebut. Ketika bukan kita yang membuka aplikasinya jangan diberikan kode tersebut kepada orang lain. 

4. Bangun, bekerja, berusahalah menjemput rezeki dengan cara yang diridloi.. Jangan mimpi 🤭

8 komentar:

  1. Slalu ada hikmah disetiap kejadian. Bagi saya, bagi ibu dan tentunya bagi yg lain nya. Terimakasih sdh berbagi pengalaman. InsyaAlloh , Alloh ganti dgn yg lebih lagi, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih bu.. He.. Jadi terpikir yang diuntungkan dengan ini siap ya? ! Provider?! Kan yng disedot pulsa bukn sesuatu yg hrs di trf misalnya.so, apakah oknum?! Ups 🤭

      Hapus
  2. Wih, pulsanya hampir seratus ribu, ya Bu. Berarti ada layanan khusus dari oknum penipu, yang mengalihkan data pulsa ke akun mereka.
    Salam, Bu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Y itu krn stlh 17 menit saya tutup, kalau msh penasaran dilanjut kynya pa bisa smpai ratusan ribu lebih.

      Hapus
  3. Wah sangat mengecewakan yah layanan veronica nya... sem9ga ga ada lg yg tertipu setelah baca postingan ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya bu.. Smg tdk ada yg mengalami lg.. Lumayan kan segitu soalnya sy jarang banget nelpon.. Kalaupun nelpon memanfaatkan yg gratisan, he.

      Hapus
  4. Waduuuh sama bu guru. Kalau saya d ari shopy kemarin. Diminta no rekening, tanggal aktif ATmm DLL. Aduh untng t ersadar duluan

    BalasHapus
  5. Terimakasih infonya,,semoga kita lebih berhati-hati

    BalasHapus

The miracle of my life

 #Ceritadibalikbeberesbuku2 Inilah diantara sebagian saksi bisu perjuangan 3 th lalu... tiada henti syukurku atas moment ini, penghujung 201...