Minggu, 23 Agustus 2020

PELUANG USAHA TEKNIK KENDARAAN RINGAN

Mencari Peluang Usaha Bidang Otomotif

Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)

Kelas                : XI TKR

KD 3.2             : Menganalisis peluang usaha produk barang/jasa

KD 4.2             : Menentukan peluang usaha produk barang/jasa

Apa saja sih yang harus dipertimbangkan untuk merencanakan suatu usaha?


Salam anak teknik!!!

Di postingan sebelumnya, kita telah membahas tentang bagaimana dengan berfikir kreatif kita dapat menemukan ide-ide dalam mendirikan sebuah usaha baik produk/jasa khususnya yang berkaitan dengan kendaraan ringan/otomotif. 

Nah, sebelum kita membahas lebih lanjut tentang peluang usaha di bidanng otomotif, coba simak dulu slide di web berikut ini !

Setelah menyimaknya, kita akan mendapatkan wawasan yang lebih banyak tentang apa saja yang harus dipertimbangkan untuk memulai usaha bengkel.

https://www.slideshare.net/oetji453/pengenalan-wirausaha-bengkel-yang-kreatif-42803077

Sebetulnya banyak sekali peluang-peluang usaha di bidang otomotif, dari yang sederhana, sampai kekinian. Coba deh kita buka dulu link di bawah ini sebagai salah satu referensi !

https://rafifteknik.com/service-ac/

Bagaimana??? sekarang sudah terbayang salah satu peluang usaha di bidang otomotif? Kalau kita perhatikan, pemilik usaha service AC tersebut termasuk wirausaha millenial ya.. kenapa coba??

Yups, salah satunya karena dia menggunakan web sebagai media pemasarannya, dimana bisnis millenial itu tidak lepas dari pemanfaatan IT dan internet.

Selain itu kita juga bisa mencari dari referensi lain tentang apa saja peluang usaha di bidang otomotif seperti pada link berikut !

https://www.bisnisjasa.id/2017/07/100-peluang-usaha-di-bidang-otomotif.html

Berdasarkan referensi diatas, semakin terbuka kan wawasan kita bahwa bisnis di bidang otomotif itu tidak hanya bengkel saja. So, sudah bisakah kita menentukan peluang usaha apa yang cocok? Tentunya perlu analisis dari berbagai aspek ya.

Nah tugas kita sekarang adalah melakukan analisis dari apa yang sudah kita rencanakan, apakah usaha tersebut sesuai / tidak dengan kondisi kita dilihat dari berbagai segi. Salah satu teknik analisis yang dapat kita gunakan adalah Analisi SWOT.

Apa Itu Analisis SWOT? 

Strengths (kekuatan) dan Weaknesses (kelemahan) adalah berasal dari internal perusahaan Anda. hal-hal yang dapat Anda kontrol dan dapat berubah. Contohnya termasuk siapa yang ada di tim Anda, paten dan properti intelektual Anda, dan lokasi Anda.

Opportunities (peluang) dan Threats (ancaman) adalah hal eksternal yang mempengaruhi bisnis atau hal-hal yang terjadi di luar perusahaan Anda pada pasar yang lebih besar. Anda dapat memanfaatkan peluang dan melindungi dari ancaman, tetapi Anda tidak dapat mengubahnya. Contohnya termasuk pesaing, harga bahan baku, dan tren belanja pelanggan.

Teknik ini dibuat oleh Albert Humphrey, yang memimpin proyek riset pada Universitas Stanford pada dasawarsa 1960-an dan 1970-an dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Ketika Anda melakukan analisis SWOT, Anda akan mempelajari strategi yang solid untuk memprioritaskan pekerjaan yang perlu Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Siapa yang harus melakukan analisis SWOT?

Agar analisis SWOT efektif, pendiri dan pemimpin perusahaan perlu terlibat secara mendalam. Ini bukan tugas yang bisa didelegasikan kepada orang lain.

Tetapi, peimimpin perusahaan juga tidak boleh melakukan pekerjaan sendiri. Untuk hasil terbaik, kumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan. Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan Anda, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk. Setiap orang harus memiliki bagian dalam hal ini.

Perusahaan yang inovatif bahkan melihat di luar jajaran internal mereka sendiri ketika mereka melakukan analisis SWOT dan mendapatkan masukan dari pelanggan untuk menambahkan suara unik mereka ke dalam pertimbangan keputusan bisnis.

Jika Anda memulai atau menjalankan bisnis sendiri, Anda masih dapat melakukan analisis SWOT. Ambil sudut pandang tambahan dari teman yang tahu sedikit tentang bisnis Anda, akuntan Anda, atau bahkan vendor dan pelanggan. Kuncinya adalah memiliki sudut pandang yang berbeda.

Bisnis yang menggunakan analisis SWOT untuk menilai situasi mereka saat ini dan menentukan strategi untuk bergerak maju. Tetapi, ingatlah bahwa segala sesuatunya terus berubah dan Anda perlu menilai kembali strategi Anda, dimulai dengan analisis SWOT baru setiap enam hingga 12 bulan.

Bagi pemula, analisis SWOT adalah bagian dari proses perencanaan bisnis. Ini akan membantu menyusun strategi agar Anda memulai dengan langkah yang benar dan mengetahui arah yang akan Anda tuju.

Cara Melakukan Analisis SWOT dengan Benar

Melakukan analisis SWOT mirip dengan pertemuan mendengerkan pendapat, untuk mengetahui cara yang benar dan salah dalam menjalankan suatu hal. Disarankan untuk memminta setiap orang mencatat dan minta setiap orang diam-diam menghasilkan ide untuk memulai sesuatu. Hal ini untuk mencegah groupthink dan memastikan bahwa semua suara didengar.

Setelah melakukan brainstorming selama lima hingga 10 menit, letakkan semua catatan dan tempel di dinding jangan lupa untuk mengelompokkan ide-ide serupa. Izinkan siapa pun menambahkan catatan tambahan pada titik ini jika ide orang lain memicu pemikiran baru.

Setelah semua ide diorganisasikan, sekarang saatnya untuk menentukan peringkat ide. gunakan sistem pemungutan suara di mana setiap orang mendapat lima atau sepuluh “suara” yang dapat mereka bagikan dengan cara apa pun yang mereka suka. Membuat catatan dalam berbagai warna berguna untuk latihan ini.

Berdasarkan latihan pemungutan suara, Anda harus memiliki daftar gagasan yang dapat diprioritaskan. Tentu saja, daftar itu sebagai bahan untuk diskusi dan debat, dan seseorang di ruangan itu harus dapat membuat keputusan terakhir pada prioritas. Ini biasanya CEO, tetapi bisa didelegasikan kepada orang lain yang bertanggung jawab atas strategi bisnis.

Anda akan ingin mengikuti proses menghasilkan ide untuk masing-masing dari empat kuadran dari analisis SWOT Anda: Kekuatan, Kelemahan, Peluang, dan Ancaman.

Contoh Pertanyaan yang dapat membantu menginspirasi analisis Anda

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan kepada tim Anda ketika sedang membangun analisis SWOT Anda. Pertanyaan-pertanyaan ini dapat membantu menjelaskan setiap bagian dan memicu pemikiran kreatif pada tim.

analisis swot 1

Kekuatan (Strength)

Kekuatan atau Strength adalah poin internal dan positif dari perusahaan Anda. Ini adalah hal-hal yang berada dalam kendali Anda. Contohnya adalah

  • Proses bisnis apa yang berhasil?
  • Aset apa yang Anda miliki di tim Anda, seperti pengetahuan, pendidikan, jaringan, keterampilan, dan reputasi?
  • Aset fisik apa yang Anda miliki, seperti pelanggan, peralatan, teknologi, pendanaan, dan paten produk?
    Apa keunggulan kompetitif yang Anda miliki dibandingkan pesaing Anda?

Kelemahan (Weaknesses)

Kelemahan adalah faktor negatif yang mengurangi kekuatan Anda. Ini adalah hal-hal yang Anda mungkin perlu tingkatkan agar menjadi lebnih kompetitif.

  • Adakah hal-hal yang Anda perlukan untuk membuat bisnis menjadi lebih kompetitif?
  • Proses bisnis apa yang perlu diperbaiki?
  • Apakah ada aset berwujud yang dibutuhkan perusahaan Anda, seperti pendanaan atau peralatan?
  • Apakah ada celah di tim Anda?
  • Apakah jabatan Anda ideal untuk menunjang kesuksesan Anda?

Peluang (Opportunities)

Peluang adalah faktor eksternal dalam lingkungan bisnis Anda yang cenderung berkontribusi pada kesuksesan bisnis.

  • Apakah market bisnis Anda berkembang dan apakah ada tren yang akan mendorong orang untuk membeli lebih banyak dari apa yang Anda jual?
  • Adakah acara atau event yang dapat dimanfaatkan perusahaan Anda dalam menumbuhkan pengembangan bisnis?
  • Apakah ada perubahan peraturan yang akan mempengaruhi perusahaan Anda secara positif?
  • Jika bisnis Anda terus erkembang, apakah itu berarti pelanggan membutuhkan produk Anda?

Ancaman (Threats)

Ancaman adalah faktor eksternal yang tidak dapat Anda kendalikan. Anda tetap harus mempertimbangkan hal ini untuk menempatkan rencana darurat dalam menangani masalah yang terjadi.

  • Apakah Anda memiliki pesaing potensial yang dapat memasuki pasar Anda?
  • Apakah pemasok akan selalu dapat memasok bahan baku yang Anda butuhkan dengan harga yang cocok
  • Bisakah perkembangan di masa depan dalam teknologi mengubah cara Anda melakukan bisnis?
  • Apakah perilaku konsumen berubah dengan cara yang dapat berdampak negatif bagi bisnis Anda?
  • Adakah tren pasar yang bisa menjadi ancaman?

Contoh analisis SWOT

Untuk membantu Anda memahami dengan lebih baik seperti apa contoh SWOT sebenarnya, kami akan memberikan contoh kasus yang bisa Anda pelajari

Warung ARz Seafood, adalah warung online yang menyediakan ikan laut bakar atau mentah dan produksi ikan asin non formalin, bertempat di kota Tasikmalaya Jawa Barat.

Setelah kurang lebih 1 tahun berjalan, rencananya mau mengembangkan usaha dalam bidang pertanian yaitu sayuran organik. Mari kita lihat seperti apa analisis SWOT nya :

StrengthsWeaknessesOpportunitiesThreats
Lokasi: Pusat kota yang sibuk,
Kurang lahan pertanian
Kekurangan modal: Persetujuan pinjaman dari bankJauh dari pusat pelelangan ikan laut dan masih sedikit yang melirik usaha ikan laut/sayuran organikKompetisi: 
Ada usaha serupa yang sudah punya kedai offline
Keunikan: Ikan laut yang dapat terjangkau kalangan menengah k bawah

Kurangnya reputasi: Bisnis belum stabil, harga ikan tidak stabil
Masih jarang budidaya tanaman organik sistem hidroponikProduksi sedikit, sehingga harga lebih mahal dari pasaran
Sudah memiliki pelanggan setia
bergabung di group wisata kuliner 
Kurangnya alat penunjang dalam bisnisPemasaran secara online lebih menjangkau banyak konsumen meyesuaikan harga jual sehingga kompetitif tapi masih terjangkau

LK 3.

Setelah kita membahas panjang lebar tentang cara menganalisis SWOT, sekarang tugas kamu adalah menganalisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman dari rencana usaha yang sudah kamu fikirkan sebelumnya dengan format analisis seperti contoh diatas. Kemudian tentukan apakah rencana tersebut masih realistis untuk diusahakan atau tidak.

Tugas dapat dikumpulkan dalam berbagai bentuk, boleh file dokumen, gambar, ataupun tulisan chat di WA.

Dan seperti biasa kehadiran di blog bisa terlihat dari komentar y.. silahkan ditulis apapun tentang materi ini, boleh pertanyaan, tanggapan, dll.

Sumber :

1 komentar:

The miracle of my life

 #Ceritadibalikbeberesbuku2 Inilah diantara sebagian saksi bisu perjuangan 3 th lalu... tiada henti syukurku atas moment ini, penghujung 201...