Minggu, 30 Agustus 2020

ALTERNATIF USAHA DUNIA OTOMOTIF

Mata Pelajaran : Produk Kreatif dan Kewirausahaan

Guru Mapel : Rina Nuraeni, S. Pd

Lanjutan : Peluang Usaha


Salam anak teknik !!!!

Pada postingan sebelumnya kita membahas beberapa peluang usaha dan analisisnya.

So, diharapkan kamu juga sudah dapat menentukan alternatif usaha yang menjanjikan di era sekarang ini tentunya berdasarkan analisis SWOT yang sudah kamu lakukan.


Bagi yang belum dapat menemukan ide apa yang dapat dijadikan peluang usaha terutama bidang otomotif tentunya kamu harus mengetahui seluk beluk tentang otomotif walaupun bukan dari jurusan otomotif seperti pada tayangan diatas tapi dia mempelajarinya.

Oleh karena itu sedikitnya kamu harus banyak referensi dari berbagai sumber tentang otomotif atau bisa juga dengan main-main ke bengkel mencoba dan mempraktekkan pada kendaraan sendiri (try and error) seperti yang dilakukan oleh Admiral yang ada ditayangan youtube diatas salah satunya.

Untuk dapat menangkap peluang usaha di bidang otomotif kendaraan ringan harus mempunyai keterampilan, pengetahuan, dan sikap pada dunia otomotif.

Hal-hal  yang berhubungan dengan otomotif yang sudah seharusnya dipelajari antara lain:

1.Mesin (engine)

2.Pemindah Daya (Powertrain)

3.Sistem Kemudi (Steering System)

4.Sistem Suspensi (Suspension System

5.Sistem Rem  (Brake System)

6.Sistem Kelistrikan Body

Kalau kita amati banyak bengkel mobil yang sudah ada sekarang terutama  yang  perorangan merupakan bengkel dengan spesialis tertentu, seperti:

Bengkel Modifikasi Mobil Mewah

Penyewaan Mobil di Solo


Bengkel Spesialis Kaki-Kaki


Bengkel Service Kopling

Selain beberapa bengkel yang disebutkan diatas, tidak sedikit juga yang membuka bengkel lengkap dari mulai sparepart, service berkala dan service all in one. 

Bahkan ada yang melayani jasa service lengkap namun khusus mobil tertentu, atau bahkan semua jenis mobil.

Nah setelah membaca paparan diatas, pastinya bertambah lagi kan pengetahuan kamu tentang alternatif usaha di bidang otomotif ???. 

So, tidak bingung lagi kan harusnya untuk menyelesaikan tugas di LK3 pada postingan sebelumnya?

LK.4                                                        

Kali ini, kalau sedang hangout/jalan-jalan, kamu coba amati bengkel mobil dan sebutkan jenis service/pelayanannya, diamati juga keunikannya. Terkadang kita menemukan hal yang beda dari yang lainnya.

Sekarang diskusikanlah, menurutmu lebih baik mendirikan bengkel yang khusus/spesifikasi tertentu atau  bengkel yang membuka semua jenis pelayanan dan semua jenis/merk mobil.

Silahkan tuliskan pendapatmu di komentar disertai alasannya ya!

Tetap Semangat dan Produktif di masa pandemi, ok?!?! 👌👍🙏

Salam    

 

Sumber: 

https://upmodifikasimobil.blogspot.com/2018/04/gambar-bengkel-mobil-mewah.html

persewaanmobilsolo123.blogspot.com

http://kakikaki-mobil.blogspot.com/2018/05/spesialis-kaki-kaki-mobil.html

https://servis-kampas-kopling-matahari.business.site/  

9 komentar:

  1. nama : ervan febrian kelas Xi Tkr 1
    Lebih baik mendirikan bengkel khusus/spesifikasi karena agar konsumen/orang yang memperbaiki kendaraan nya mudah menentukan harus ke bengkel mana jika ada kerusakan di salah satu bgian bgian mobil tertentu,dan mudah bagi yang membuka bengkel khusus krna hnya harus membeli peralatan yg khusus misal nya hnya untuk memperbaiki kopling saja.

    BalasHapus
  2. Nama:rifki mulya rahman kelas xi tkr 1
    Menurut saya lebih baik mendirikan sparepart kendaraan mobil karena kebanyakan kendaraan ingin di modifikasi karena pada khususnya mobil ingin terlihat keren dan tidak hanya itu mobil juga tidak ingin buatan pabrik saja

    BalasHapus
  3. Nama : Taufik Imansah Muharom
    Kelas : XI TKR1
    Menurut pendapat saya, lebih baik mendirikan bengkel yang menyediakan semua jenis pelayanan karena agar mempermudah konsumen, bila mana ada konsumen yang perlu perbaikan di dua/beberapa bagian berbeda tdk perlu mencari bengkel yg lain karena semua jenis pelayanannya ada...

    BalasHapus
  4. Terimakasih bagi yang sudah komentar, perbedaan pendapat gpp ya krn memng setiap org punya sudut pandang yg berbeda.. Silahkan pendapat yg lainnya ditulis y.. Krn komentar kamu disini adlh bukti kamu sdh mengunjungi blog dn membaca materinya..

    BalasHapus
  5. Nama:wildan siddik s
    Kelas:XI TKR 1
    Menurut saya lebih baik mendirikan bengkel khusus/spesifikasi tertentu,karena untuk mempermudah konsumen dan kalau menyediakan semua pelayanan akan membutuhkan karyawan dan tempat yang luas

    BalasHapus
  6. Nama : Arip Rahman
    Kelas : XI Tkr 1
    Menurut saya Lebih baik mendirikan bengkel yang khusus/spesifikasi tertentu, karena pasti pelanggan lebih memilih ke bengkel khusus daripada kebengkel semua jenis pelayanan karena perspektif pelanggan lebih ke yang menguasai suatu khusus daripada umum

    BalasHapus
  7. Nama : Sendi Abdilah
    Kelas: Xl tkr 1

    Menurut saya lebih baik mendirikan bengkel yang membuka semua jenis pelayanan agar konsumen kita senang memperbaiki kendaraannya dibengkel ini
    Agar kita bisa menambah wawasan/ ilmu

    BalasHapus
  8. Joss....

    https://digilabhome.blogspot.com/2020/09/covid-19-mengganas-dan-momentum.html

    BalasHapus

The miracle of my life

 #Ceritadibalikbeberesbuku2 Inilah diantara sebagian saksi bisu perjuangan 3 th lalu... tiada henti syukurku atas moment ini, penghujung 201...