Minggu, 25 Oktober 2020

Prototype pada Produk Otomotif

Materi Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK) Kelas XI SMKN 3 TASIKMALAYA

Kompetensi Keahlian : Teknik Kendaraan Ringan Otomotif

by : Rina Nuraeni, S.Pd

3.4. Menganalisis konsep desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa

4.4. Membuat desain/prototype dan kemasan produk barang/jasa

Mobil prototipe dari Astra Daihatsu Motor (ADM). (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)

Rayhand Purnama dalam CNN Indonesia mengatakan bahwa :


Istilah konsep, prototype/purwarupa dan produksi massal sudah tidak asing terdengar. Istilah ini memang sering diucapkan oleh produsen otomotif saat mereka berbicara tentang cikal bakal produk baru yang akan diluncurkan. 

Konsep mengandung arti ide, gagasan atau gambaran. Konsep menjadi inovasi atau ide, gagasan yang masih berbentuk rancangan fikiran. Ini menjadi tahap awal dalam pembuatan kendaraan. Konsep harus difikirkan matang-matang sebelum berlanjut ke tahap rototype. Dalam membuat konsep, produsen juga harus memikirkan berbagai kemungkinan apakah ke depan, ide "liarnya" cocok direalisasikan atau tidak. Saat menunjukan konsep, masih dalam bentuk blue print atau desain gambar.

Setelah dinyatakan lolos, produsen akan mewujudkanya dalam bentuk nyata berupa prototype. Prototype dibuat sekaligus untuk menguji konsep yang telah dibuat. selain itu juga untuk menguji reaksi calon pembeli terhadap calon produk baru, jika ada kekurangan atau tidak sesuai selera pasar, maka produsen melakukan pengembangan dan penyempurnaan.

Sedangkan bagi konsumen, prototype berfungsi sebagai acuan atau bocoran tentang produk yang akan keluar, sehingga dapat memutuskan membeli produk tersebut atau tidak.

1. Manfaat prototype dalam usaha

  • Sebagai alat uji dan dan penyempurnaan suatu desain produk kreatif 
  • Untuk menguji performa produk
  • Alat bantu deskripsi sebuah produk
  • Membuat oranglain menganggap serius bisnis kita. Dengan memiliki banyak prototype membuat bisnis kita terkesan sangat serius  
2. Rancangan tahap pembuatan prototype
  • Tahap mengumpulkan ide. Biasanya dilakukan melalui Brainstorming yaitu teknik melakukan diskusi dan diambil kesimpulan terbaik. 
  • Tahap perumusan aspek-aspek fisik dalam usaha produk kreatif. Tahap perumusan aspek fisik dalam kendaraan seperti bahan bakar yang dipakai, kenyaanan, keamanan dll
  • Tahap pendasainan. Apabila rancangan telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan dan memenuhi spesifikasi kelayakan maka akan dihasilkan desain akhir kemudian memasuki fase aplikasi, pada fase ini dilakukan pemeriksaan kelengkapan alat produksi yang tersedia serta sumber daya manusia yang memadai.
3. Konsep desain pengemasan
    Pengemasan pada dasarnya menjadi media marketing. Pengemasan merupakan komponen penting untuk lebih membuat suatu usaha lebih menarik dan dapat menggaet calon pembeli.
 
4. Batasan dalam membuat prototype 
    Penting untuk difahami bahwa sesuai dengan definisinya, prototype akan menjadi representasi komponen dalam suatu produk akhir termasuk dlam hal ini produk yang bersifat jasa pengiriman serta pemasangannya. Karena perbedaan dalam aspek fisik, proses dan kesesuaian desain, maka perlu diantisipasi kemungkinan kegagalan sebuah prototype dalam menunjukkan performa seperti yang diharapkan.

Demikian paparan mengenai konsep, prototype dan desain suatu produk sebelum diproduksi secara massal. Nah seperti biasa silahkan kalian memberi komentar di bawah ya !. 

Lembar Kerja (LK.3.4)

Coba perhatikan kembali bahasan poin 3 diatas tentang konsep desain pengemasan. Mungkin dalam produk lain seperti makanan atau barang yang kecil lainnya terbayang y kemasan produknya seperti apa. Tetapi kalau produk berupa jasa misalnya atau berupa produk otomotif seperti mobil, konsep desain pengemasannya seperti apa ya kira-kira? Perlu difahami bahwa pengemasan bukan hanya berbentuk barang ya boleh berupa jasa misalnya dalam pelayanan dan sebagainya. Nah coba kalian dikusikan bentuk konsep desain pengemasan produk otomotif di kolom komentar !

Semangat anak teknik !!!!

Sumber :

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20190918183447-384-431687/perbedaan-mobil-konsep-prototipe-dan-produksi-massal  

Furqon Z, S.T, dkk, 2019, Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK/MAK XI Program Keahlian Teknik Otomotif Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. Yogyakarta : ANDI.

   


















5 komentar:

  1. Nama : Taufik Imansah M
    Kelas : XI TKR1 1

    Bentuk konsep pengemasan produk otomotif menurut saya harus memenuhi fungsi² pengemasan karena banyak perusahaan yang sangat memperhatikan pembungkus suatu barang sebab mereka menganggap bahwa fungsi kemasan tidak hanya sebagai pembungkus, tetapi jauh lebih luas dari pada itu.
    Untuk pengemasan jasa contohnya seperti motor mungkin harus dibungkus menggunakan busa Styrofoam,kardus dan bubble wrap.tujuannya Supaya bila terjadi benturan atau guncangan di mobil pengangkut,motornya tetap aman.

    BalasHapus
  2. Terimakasih ats komentarnya taufik 🙏, nnti kita bahas di akhir y, kita tampung dl tanggapan dr teman2 yg lain.. Nanti kita bhas

    BalasHapus
  3. Nama : Arip rahman
    Kelas : XI Tkr 1

    Bentuk konsep pengemasan produk otomotif ,seperti mobil menurut saya untuk memenuhi konsep desain dalam pengemasannya tak hanya untuk membungkus bahkan menarik pembeli tapi ada yang lain yaitu untuk melindungi barangnya juga karena dalam keadaan tertentu seperti suhu,getaran,guncangan,tekanan dan sebagainya dapat merusak barangnya sperti bagian mesin dan bodinya maka dalam pengemasannya dan dalam pengirimannya juga tidak sembarangan .
    Untuk pengemasannya juga sederhana yaitu dengan menggunakan plastik atau dengan kardus akan tetapi mengirimnya harus diikat dengan tali khusus ke kendaraan penganngkut agar saat terjadi goncangan tidak terbentur.

    BalasHapus
  4. Wildan siddik s
    XI TKR 1

    Bentuk konsep pengemasan produk otomotif seperti sparpart mobil menuerut saya konsep desain nya tidak hanya menutupi barang nya saja,tetapi semua desain itu banyak manfaat nya,yaitu untuk menarik pembeli dan juga akan melindungi dari banyak nya suhu atau yang lain nya
    Untuk pengemasan nya yaitu dengan di letakan busa di dalam nya dan di tutup oleh kardus dan juga di ikat supaya tidak jatuh

    BalasHapus
  5. Dikri Nugraha
    XI TKR 1

    Bentuk konsep pengemasan produk otomotif seperti mobil menurut saya untuk menutupi barang atau komponen2 di dalam mobil tetapo lebih dari itu pengemasan terhadap mobil dapat menjadi sarana promosi karena dengan kemasan yang unik dan menarik orang orang yang melihat mobil tersebut dapat membeli nya juga fungsi dari kemasan itu sendiri untuk melindungi dari segala keburukan yang terjadi.

    Untuk pengemasan nya yaitu dengan menggunakan plastik atau dengan kardus lalu di ikat dengan tali khusus ke kendaraan penganggkut agar tidak terbentur saat terkena goncangan.

    BalasHapus

The miracle of my life

 #Ceritadibalikbeberesbuku2 Inilah diantara sebagian saksi bisu perjuangan 3 th lalu... tiada henti syukurku atas moment ini, penghujung 201...