Minggu, 26 Juli 2020

Kewirausahaan di Era Millenium

Pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan
Pertemuan 1
Kelas XI SMK


1. Definisi Kewirausahaan
        Kewirausahaan  adalah  suatu  proses  dari  visi,  perubahan,  dan  penciptaan yang dinamis.  Penerapan  kewirausahaan  membutuhkan  energi  dan  semangat  terhadap penciptaan,  penerapan  ide-ide  baru,  serta  solusi  kreatif.  Diperlukan  kesediaan  untuk mengambil  risiko  yang  diperhitungkan  dalam  hal  waktu,  ekuitas/modal,  atau  karier; diperlukan  kemampuan untuk  membentuk tim yang efektif; kemampuan kreatif untuk mengumpulkan sumber daya yang dibutuhkan; keterampilan dasar  membuat rencana bisnis  yang  kuat;  dan  akhirnya,  visi  untuk  mengenali  peluang  di  mana  orang  lain melihatnya sebagai kekacauan, kontradiksi, dan kebingungan. ”
Berikut beberapa definisi tentang Wirausaha dari beberap ahli: 

Geoffrey G. Meredit (1996)
Wirausaha  adalah  orang  yang  mempunyai  kemampuan  melihat  dan  menilai kesempatan-kesempatan  bisnis;  mengumpulkan  sumber-sumber  daya  yang dibutuhkan  guna  mengambil  keuntungan  daripadanya  dan  mengambil  tindakan  yang tepat, guna memastikan sukses. 

Encyclopedia of Americana
Entrepreneur  (wirausahawan)  didefinisikan  sebagai  seseorang  yang  berani mengambil risiko dengan menyatukan berbagai fungsi poduksi, termasuk modal, bahan baku,  tenaga  kerja,  dan  menerima  imbalan  dalam  bentuk  laba  dari  nilai  pasar  yang dihasilkannya.

Peter F Drucker
Definisi wirausaha adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different) . 

Raymond W.Y. Kao
Wirausaha  adalah  orang  yang  mampu  menciptakan  dan  merancang  suatu gagasan menjadi realita.

Kuratko dan Hodgetts 
An  entrepreneur  as  one  who  undertakes  to  organise,  manage  and  assume  the 
risks  of  business.  The entrepreneur  is  also  a  catalyst  for  economic change  who  uses 
purposeful searching, careful planning, and  sound jugdgement when carrying out the 
entrepreneurial process. Uniquely optimistic and committed, the entrepreneur works 
creatively to establish new resources or endow old ones with a new capacity, all for the 
purpose of creating wealth.
Seorang  wirausaha  adalah  seorang  yang  mengambil  tanggungjawab  untuk mengorganisasikan,  mengelola,  dan  menanggung  risiko  bisnis.  Wirausaha  sebagai katalisator  perubahan  ekonomi  yang  mengejar  tujuan  yang  bermakna,  membuat perencanaan  secara  hati-hati,  dan  menilai  secara  jernih  terhadap  suatu  proses kewirausahaan.  Wirausaha  adalah  sosok  optimis  dan  berkomitmen,  bekerja  secara kreatif untuk membangun sumber daya baru atau memberi makna sesuatu yang lama 
dengan  suatu  kapasitas  baru,  untuk  mencapai  tujuan  menciptakan  kemakmuran.

Berdasarkan pendapat tersebut, dapat didefinisikan bahwa: 
“Wirausaha adalah seseorang yang mampu melihat peluang, mengambil tindakan kreatif  yang tepat berupa  penciptaan nilai tambah dalam bentuk  produk (barang/jasa) atau bisnis, dengan mengambil risiko  yang diperhitungkan  guna meraih  kemakmuran bagi dirinya dan orang lain.”

2.  Wirausaha Masa Kini
Perubahan  dalam  berbagai  segi  kehidupan  terus  terjadi  yang  ditandai  dengan berbagai  kemajuan.  Teknologi  berkembang  dengan  demikian  pesat,  sejak  teknologi komputer dan teknologi informasi diperkenalkan percepatan kemajuan semakin pesat. 
Hal  itu  ditandai  dengan  perubahan  pada  perangkat  yang  digunakan  dalam  kehidupan manusia, seperti barang elektronik yakni handphone atau gadget, dan lain sebagainya. Lalu  bagaimana  dengan  wirausaha  masa  kini?  Menurut  Kuratko  dan  Hodgetts (2004):  

Today,  an  entrepreneur  is  an  innovator  or  developer  who  recognise  and  seize 
opportunities;  converts  those  opportunities  into  workable  or  marketable  ideas;  add 
value  through  time,  effort,  money,  or  skills;  assumes  the  risks  of  the  competitive 
marketplace to implement these ideas; and realises the rewards from the efforts.  
Saat ini, seorang  entrepreneur  adalah  inovator  atau  pengembang  yang  mengenali  dan menangkap peluang; mengubah peluang tersebut menjadi ide yang bisa dikerjakan atau dipasarkan;  menambah  nilai  melalui  waktu,  usaha,  uang,  atau  keterampilan; mengasumsikan  risiko  pasar  yang  kompetitif  untuk  menerapkan  ide-ide  ini;dan menyadari imbalan dari upaya tersebut.
 
Dunia telah memasuki masa yang disebut dengan era milenial, yaitu masa dimana mereka yang lahir antara tahun 1983 –  2000, berarti tatanan  kehidupan telah mengalami transformasi.  Kaum  milenial  menganggap  bahwa  kehidupan  sosial  sebagai  aspek penting. Di sisi lain,  kemajuan teknologi, dan perilaku konsumtif menjadi ciri karakter era  milenium.  Harapan  besar  pun  disampaikan  oleh  Pendiri  Ciputra  Group  Ir  Ciputra. 
Menurutnya,  dunia sedang berubah, dan  Indonesia berada dalam posisi yang luar biasa. 
“Indonesia  punya letak yang strategis, alam yang indah, anak muda yang potensial, dan demokrasi  yang  baik.  Indonesia  akan  punya  masa  depan  yang  luar  biasa  baik,”. 
Wirausaha  di  kalangan  milenial menjadi  pembahasan  penting  saat  ini,  bahkan  dirinya sudah  10  tahunan  membahas  soal  tersebut.  (Koran  Jakarta,  Senin,  12/2/2018).   
Pada tataran pendidikan, Kemententerian Pendidikan dan Kebudayaan telah juga membahas 
dan  mempersiapkan  strategi  untuk  menyiapkan  tamatan  SMK  sebagai  generasi penerus pembangunan Indonesia.

LK-1:
Rangkumlah terlebih dahulu materinya, kemudian jawab pertanyaan berikut :
1. Menurutmu, pendapat siapa yang paling dapat kamu terima?
2. Berdasarkan pandangan  tersebut  di  atas,  apakah  1)  Tukang  Tambal 
Ban,  2) Bengkel  Service  Sepeda Motor, 3) Supplier barang dari China 
dapat disebut Wirausaha? 
Tuliskan pendapatmu di kolom tugas di classroom 


Selamat mengerjakan !!!

Sumber : 
Dave R. Willy Umboh, 2020. Bahan Ajar Kewirausahaan di Era Millenium dan Revolusi Industri 4.0. Cimahi : Departemen Manajemen dan Kependidikan

21 komentar:

  1. Aturan komen : Sebutkan nama terlebih dahulu kemudian diskusikan LK-1

    BalasHapus
  2. 1).Saya setuju atas pendapat Peter F Drucker,karena usaha itu harus dari diri kita sendiri dan tidak meniru orang lain agar usaha kita berbeda dri yang lain untuk menarik perhatian orang orang.
    2).Ya,itu pun suatu bentuk usaha,meskipun dari hal yang kecil jika di sertai tekad dan perjuangan yang kuat,usaha itu tidak akan sia sia dan akan menjadi seorang wirausaha yang sukses

    BalasHapus
  3. Ketinggalan bu nama nya,Nama ervan febrian Kelas XI TKR 1

    BalasHapus
  4. Nama wildan siddik s,XITKR1
    1.Saya setuju dengan pendapat Geoffrey g meredit,karena kita harus menilai dan mengumpulakan sesuatu yang menarik perhatian orang lain
    2.ya,itu juga usaha walaupun kecil tetali kalau kita rajin,giat,semangat dalam usaha,kita pasti bisa menjadi wirausaha yang sukses dan maju

    BalasHapus
  5. Geoffrey g meredit, karena kita harus menilai dan mengumpulkan sesuatu yang menarik dan perhatian orang lain
    Nama: Ahdyan Agus Fauza
    Kelas: XI TKR 1

    BalasHapus
  6. Nama hipdi nugrah xi tkr1
    1. Saya setuju dengan pendapaf peter f drucke. Karena setiap manusia pasti beda daya pikir otak merek.
    2. Ya. Itu juga usaha walah pun kecil kecilan asalkan kita yah tekun ajah. Kalian pasti bisa menjalankan wirausaha yang maju dan sukses apabila kita menjalankan dengan benar

    BalasHapus
  7. Nama:Taufik Imansah M
    Kelas:XI TKR1
    1.pendapat yang paling dapat saya terima adalah pendapat dari "Encyclopedia of Americana ia mengatakan bahwa "wirausahawan adalah orang yang berani mengambil resiko dan menyatukan berbagai fungsi²produksi".Karena memang benar seorang wirausahawan harus melakukan tindakan²/langkah bukan hanya sebuah pemikiran karena takut untuk memulai.
    2.ya,karena orang yang melakukan aktivitas wirausaha tidak dicirikan dari seberapa besar perusahaan mereka melainkan dari tindakan²apa yang mereka lakukan untuk mencapainya.

    BalasHapus
  8. NAMA: ARIP RAHMAN (XI TKR1)
    1.Saya setuju atas pendapat Encyclopedia of Americana karena seseorang yang memiliki keberanian untuk mengambil resiko dan berkreasi dan mengeksekusi semua ide yang ada di otaknya. Karena kreativitas saja tidak cukup untuk menuju kesuksesan berbisnis.Orang yang memiliki keberanian akan lebih sukses dibandingkan mereka yang hanya punya ide tanpa eksekusi. Karena ide tanpa eksekusi tentu akan percuma dan kamu tidak akan bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses.
    2.Ya,itu juga termasuk wirausaha walaupun kecil bila kita berani,rajin dan semangat dalam menjalankanya bisa mendapat laba yang besar.

    BalasHapus
  9. Nama: Seni Nurbani (XI TKR1)
    1.Saya setuju dengan pendapat Encyclopedia of Amerika karena seseorang harus berani mengambil resiko untuk mencapai hasil yg diinginkan
    2ya. karena walaupun usaha kecil dengan bekarja keras dan rajin berusa usaha tersebut bisa menjadi Sukses

    BalasHapus
  10. NAMA:FIKRI FEBRIANSAH (XI TKR1)
    1).Saya setuju atas pendapat peter f drucker karena memang benar kita menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang lain agar konsumen tertarik kepada produk yang kita hasilkan
    2).Tidak,karena wirausaha adalah menciptakan sesuatu produk,sedangkan tambal ban,bengkel servic sepeda motor dan supplier barang dari cina tidak termasuk kedalam wirausaha

    BalasHapus
  11. Nama Dava Muhammad Syawal ~XI TKR1~
    1. Saya setuju dengan pendapat Encyclopedia of Americana karena orangnya pekerja keras dan berani mengambil resiko
    2. Ya,itu juga termasuk wirausaha kecil, tapi bila orangnya pekerja keras saya yakin dia akan sukses dan maju

    BalasHapus
  12. Nama: Adi Raihan Thoriqul Mujni
    Kelas: XI TKR 1
    1 . Saya setuju dengan pendapat Encyclopedia of Americana tentang wirausaha karena dalam memulai usaha harus berani ngambil resiko kedepannya
    2. Ya itu semua termasuk wirausaha, gk peduli meskipun usaha ny kecil yang penting adalah keyakinan dan tekad bahwa suatu saat akan memiliki perubahan besar

    BalasHapus
  13. Nama:Rahmat saputra XI TKRI
    1.Saya setuju dgn pendapat encylopedia of americana karena berani mengambil resiko,modal,tenaga kerja dan bahan baku dan akhirnya mendapatkan laba yang cukup besar
    2.ya,karena termasuk ke dalam wirausah karena ada resiko,modal tenaga kerja,bahan baku dan mendapatkan laba

    BalasHapus
  14. Nama: RIFKI MULYA RAHMAN


    1.Saya setuju atas pendapat Encyclopedia of Americana karena seseorang yang memiliki keberanian untuk mengambil resiko dan berkreasi dan mengeksekusi semua ide yang ada di otaknya. Karena kreativitas saja tidak cukup untuk menuju kesuksesan berbisnis.Orang yang memiliki keberanian akan lebih sukses dibandingkan mereka yang hanya punya ide tanpa eksekusi. Karena ide tanpa eksekusi tentu akan percuma dan kamu tidak akan bisa menjadi seorang wirausahawan yang sukses.
    2.Ya,itu juga termasuk wirausaha walaupun kecil bila kita berani,rajin dan semangat dalam menjalankanya bisa mendapat laba yang besar.

    BalasHapus
  15. Nama : SAHLUL MUZAKI (29)
    Kelas : XI TKR-1

    1.) Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan oleh Encyclopedia of Americana, tidak hanya resiko yang dapat dialami ketika berwirausaha,kita juga harus mengetahui fungsi dari wirausaha tersebut lalu mengetahui berapa modal yang harus dikeluarkan ,dari modal tersebut bisa dipakai untuk bahan bakunya, lalu bila modal dan bahan baku sudah ada pastinya kita juga membutuhkan tenaga kerja karena bila kita mengerjakan individual pasti akan berat ,tidak lupa juga bila wirausahanya sudah mendapat omzet kita juga harus memberi imbalan kepada para tenaga kerja.
    2.) Insyaallah semuanya bisa disebut wirausaha karena mereka sudah memikirkan resiko yang didapat, lalu modal yang dikeluarkan terlepas dari itu semuanya harus tergantikan oleh omzet yang didapat, karena semua yang sukses pasti ada proses terlebih dahlulu tidak akan instan.

    BalasHapus
  16. Nama:Dikri Nugraha

    1.Saya setuju dengan pendapat Encyclopedia of Americana karena seseorang apabila ingin sukses orang tersebut harus memiliki keberanian untuk mengeluarkan modal nya resiko nya apabila terjadi sesuatu.

    2.Ya.Meskipun usaha yang dijalankan adalah usaha kecil tapi kalau mereka tekun,rajin dan semangat kerja untuk lebih baik ke depan nya

    BalasHapus
  17. Nama : AGYVFAHMI

    1.) Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan oleh Encyclopedia of Americana, tidak hanya resiko yang dapat dialami ketika berwirausaha,kita juga harus mengetahui fungsi dari wirausaha tersebut lalu mengetahui berapa modal yang harus dikeluarkan ,dari modal tersebut bisa dipakai untuk bahan bakunya, lalu bila modal dan bahan baku sudah ada pastinya kita juga membutuhkan tenaga kerja karena bila kita mengerjakan individual pasti akan berat ,tidak lupa juga bila wirausahanya sudah mendapat omzet kita juga harus memberi imbalan kepada para tenaga kerja.
    2.) Insyaallah semuanya bisa disebut wirausaha karena mereka sudah memikirkan resiko yang didapat, lalu modal yang dikeluarkan terlepas dari itu semuanya harus tergantikan oleh omzet yang didapat, karena semua yang sukses pasti ada proses terlebih dahlulu tidak akan instan.

    BalasHapus
  18. Nama : Sendi Abdilah
    Kelas: XI TKR 1


    1).Saya setuju atas pendapat peter f drucker karena memang benar kita harus menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dengan yang lain
    2) Ya.walaupun usaha yang dijalankan adalah usaha kecil tapi kalau mereka berani memulai menjalankannya usahanya.
    Yang penting berdo'a dan ikhtiar.

    BalasHapus
  19. 1.) Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan oleh Encyclopedia of Americana, tidak hanya resiko yang dapat dialami ketika berwirausaha,kita juga harus mengetahui fungsi dari wirausaha tersebut lalu mengetahui berapa modal yang harus dikeluarkan ,dari modal tersebut bisa dipakai untuk bahan bakunya, lalu bila modal dan bahan baku sudah ada pastinya kita juga membutuhkan tenaga kerja karena bila kita mengerjakan individual pasti akan berat ,tidak lupa juga bila wirausahanya sudah mendapat omzet kita juga harus memberi imbalan kepada para tenaga kerja.
    2.) Insyaallah semuanya bisa disebut wirausaha karena mereka sudah memikirkan resiko yang didapat, lalu modal yang dikeluarkan terlepas dari itu semuanya harus tergantikan oleh omzet yang didapat, karena semua yang sukses pasti ada proses terlebih dahlulu tidak akan instan.

    BalasHapus
  20. Nama:Agis Aldzikri
    Kelas:xi tkr 1

    1.) Saya setuju dengan pendapat yang disampaikan oleh Encyclopedia of Americana, tidak hanya resiko yang dapat dialami ketika berwirausaha,kita juga harus mengetahui fungsi dari wirausaha tersebut lalu mengetahui berapa modal yang harus dikeluarkan ,dari modal tersebut bisa dipakai untuk bahan bakunya, lalu bila modal dan bahan baku sudah ada pastinya kita juga membutuhkan tenaga kerja karena bila kita mengerjakan individual pasti akan berat ,tidak lupa juga bila wirausahanya sudah mendapat omzet kita juga harus memberi imbalan kepada para tenaga kerja.
    3.
    2.Ya,itu juga termasuk wirausaha walaupun kecil bila kita berani,rajin dan semangat dalam menjalankanya bisa mendapat laba yang besar.

    BalasHapus

The miracle of my life

 #Ceritadibalikbeberesbuku2 Inilah diantara sebagian saksi bisu perjuangan 3 th lalu... tiada henti syukurku atas moment ini, penghujung 201...